Kamis, 09 Juni 2016

PESONA KEINDAHAN DANAU TOBA



Danau Toba adalah danau teluas di Asia Tenggara, dan terbesar kedua setelah Danau Victoria di Afrika. Terbentuk dari letusan Gunung Toba, menghasilkan kawah seluas 1.145 km2. Dengan luas yang mencapai 1.145 kilometer persegi, Danau Toba tampak seperti sebuah lautan yang berada di ketinggian 900 meter di atas permukaan laut. Selain disebut sebagai danau terluas di Asia Tenggara, danau yang memiliki kedalaman 450 meter ini juga menjadi danau terdalam di dunia.

Jika dilihat dari sisi yang lebih ilmiah, Danau Toba adalah danau vulkanik yang terbentuk karena letusan Gunung Toba pada ribuan tahun yang lalu. Letusan gunung membentuk kaldera atau kawah raksasa yang kemudian terisi air hingga menjadi danau seperti saat ini.

Danau Toba merupkan wisata alam yang menakjubkan. Udara sejuk, ditambah dengan birunya air danau yang menjadi tempat berenangnya ikan – ikan batak. Dengan dikelilingi hijaunya pohon pinus yang menambah ketenangan di tempat ini.  Di tengah hamparan luasnya Danau Toba, terdapat satu pulau yang disebut dengan Pulau Samosir. Pulau inilah yang juga menambah suasana indah di Danau Toba.

Pemandangan di sekitar Danau Toba sangatlah indah. Dikelilingi hutan pinus yang berbaris rapi serta air terjun yang mempesona dan pemandian air hangat yang akan menyegarkan Anda. Di perairan Danau Toba, dihuni oleh jenis ikan yang unik. Masyarakat setempat biasa menyebutnya dengan Ikan Batak atau dalam nama ilmiahnya Remis Toba (Corbicula tobae), yang termasuk jenis Lissochilus sumatranus dan Labeobarbus soro.

Berbagai macam fauna juga mendiami daerah sekitar Danau Toba. Selain itu, daratan disekitar Danau Toba tergolong subur. Disana tumbuh berbagai macam tanaman, mulai dari pohon pinus hingga berbagai macam pohon berbuah. Selain itu, juga banyak tanaman obat yang tumbuh subur disana, tak jarang pula anda akan menjumpai beberapa jenis bunga yang cantik dan indah.

Daerah ini terbilang cukup strategis untuk mendapatkan suasana terbaik dari pemandangan alam Danau Toba.



Sejauh mata memandang, yang terlihat keindahan danau yang dikelilingi deretan gunung yang begitu indah dan menakjubkan. Kabut tebal kadang menyelimuti danau yang sejuk dan dingin ini. Jika tidak ada kabut, lekukan Danau Toba begitu indah untuk dikagumi. Ya, Danau Toba seperti sebuah laut di tengah-tengah daratan yang benar-benar sejuk.

Jika anda ingin mendapatkan hasil foto yang bagus dari Danau Toba, waktunya cukup terbatas, hanya sekitar 1 jam saja. Pagi jam 05.30 hingga 06.30 sedangkan di sore hari jam 16.00 hingga 17.00. waktu – waktu ini sering disebut sebagai  Golden hours. Karena pada saat inilah, cahaya terbaik yaang disuguhkan di Danau Toba.


Balige terkenal dengan pasarnya yang menjual berbagai macam souvenir unik. Di Balige, anda juga dapat menemukan deretan penjual kuliner khas masyarakat Batak. Balige juga menyimpan museum bersejarah yang bernuansa Batak, sekaligus memuat barang peninggalan suku Batak. Museum ini dikenal dengan nama T. B. Silalahi. Nama itu diambil dari pendiri mueum ini yang bernama T. B. Silalahi. Selain itu, disini juga terdapat makam Sisingamangaraja XII, seorang pahlawan yang terkenal di Indonesia. Tempat lain yang biasanya ramai pengunjung yaitu, Pantai Lumban Silintong. Disana Anda dapat menyaksikan pemandangan yang indah dan menawan yang terletak di tepi Danau Toba.


Di daerah sekitar Danau Toba memang dihuni suku Batak dengan berbagai keunikan dari budayanya. Untuk cendramata khas masyarakat batak pun juga beragam, mulai dari gitar unik yang terbuat dari kayu khas batak, sampai kalender kuno yang ditulis tangan, tentunya juga asli dari Batak, dan banyak lagi souvenir yang unik lainnya. Surganya berbelanja barang – barang antik dan unik khas Batak ada di Pulau Samosir. Disana ada berbagai souvenir yang menarik. Salah satunya yaitu, kain ulos. Kain ulos merupakan kain hasil tenunan yang biasanya berwarna merah, putih dan hitam, serta dihias bengan benang berwarna emas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar